Pengertian, Tata cara, dan Bacaan Sujud Sahwi

  • Pengertian Sujud Sahwi

Sujud syahwi adalah sujud yang dilakukan ketika musholli (orang yang melakukan shalat) yang lupa mengerjakan tahiyyat/tasyahud awal atau lupa mengerjakan salah satu raka’at shalat juga saat kita lupa atau ragu sudah meninggalkan salah satu rukun shalat. Sedang hukumnya adalah sunnah/sunnah mu’akad (sunnah yang sangat dianjurkan).

  • Tata cara sujud sahwi (Untuk lupa mengerjakan salah satu raka’at shalat maupun gerakan-gerakannya):

Hadits terkait:

Diriwayatkan bahwa Abu Sa’id Al-Khudri, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian ragu di dalam solatnya sehingga ia tak tahu lagi apakah ia sudah melakukan solat sebanyak tiga rakaat atau empat rakaat, hendaklah dibuangnya keraguan itu dan yang ia yakini, kemudian hendaknya ia sujud sebanyak dua kali sebelum melakukan salam. Sekiranya ia telah melakukan solat 5 Rakaat, bererti solatnya telah digenapkan dengan Sujud sahwinya itu. Dan sekiranya ia solat tepat empat rakaat, dua sujud itu menghinakan bagi Syaitan.” (HR. Ahmad dan Muslim).

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya setan itu masuk di antara anak Adam dan Nafsunya, sehingga ia tidak tahu sudah berapa rakaat ia melakukan solat. Maka bila seorang di antara kalian mengalami hal demikian, hendaklah ia sujud dua kali sebelum memberi salam.” (HR. Abu Ahmad dan Ibnu Majah).

Sumber: https://mystormreaders.wordpress.com

– Kalau ingatnya setelah salam

Seingatnya, langsung dua kali sujud (kalau lupa/ragu rakaatnya ya nambah dulu. Kalau ragu, nambahnya dari rakaat paling sedikit dari yang diragukan. Kalu lupa, nambah sesuai yang diingat) diantara keduanya dilakukan duduk tanpa membaca doa(duduk diantara dua sujud). Setelah itu tahiyat dan langsung salam.

– Kalau sesudah salam

Dikerjakan setelah tahiyat akhir sesudah salam (apabila sudah lupa). Tentu saja yang lupa/ragu jumlah raka’at menambah rakaat berdasar shalat sesuai yang terlupakan bagi yang lupa / berdasar yang paling sedikit kalau ragu sampai tahiyat tanpa salam. Kemudian, melakukan sujud dua kali dengan bacaan sujud sahwi. Lalu, lakukan duduk tanpa doa (duduk diantara dua sujud). Setelah itu tahiyat lalu langsung salam.

  • Bacaan ketika sujud sahwi
 Untuk bacaan, menggunakan bacaan apapun yang anda baca ketika sujud biasanya. Karena Rasulullah Saw tidak mengajarkan bacaan khusus ketika sujud sahwi.
Sekian. Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Pengertian, Tata cara, dan Bacaan Sujud Sahwi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s